Honda_Blade_Indonesia
Sudah saatnya semua Bladers dari latar belakang, daerah dan komunitas berbeda bertemu di dalam 1 wadah.... welcome "Bladers"

Join the forum, it's quick and easy

Honda_Blade_Indonesia
Sudah saatnya semua Bladers dari latar belakang, daerah dan komunitas berbeda bertemu di dalam 1 wadah.... welcome "Bladers"
Honda_Blade_Indonesia
Would you like to react to this message? Create an account in a few clicks or log in to continue.
Pencarian
 
 

Display results as :
 


Rechercher Advanced Search

Latest topics
» Berapakah Top Speed Honda Blade?
Cara Ngerem yang Bener I_icon_minitime17.04.13 18:51 by Farras Rancho

» Honda Blade Anda Minum Apa?
Cara Ngerem yang Bener I_icon_minitime10.08.12 19:02 by N2009YY

» Apa Warna New Honda Blade Anda?
Cara Ngerem yang Bener I_icon_minitime10.08.12 19:01 by N2009YY

» laju tersendat
Cara Ngerem yang Bener I_icon_minitime10.08.12 19:00 by N2009YY

» top speed loyo
Cara Ngerem yang Bener I_icon_minitime10.08.12 18:53 by N2009YY

» Pooling Pelumas Terbaik Untuk Honda Blade
Cara Ngerem yang Bener I_icon_minitime10.08.12 18:52 by N2009YY

» Blande koq berisik ya...?
Cara Ngerem yang Bener I_icon_minitime10.08.12 18:50 by N2009YY

» About Moge 2nd, Honda only..
Cara Ngerem yang Bener I_icon_minitime26.07.12 9:00 by vaness168

» blade bunyi berisik
Cara Ngerem yang Bener I_icon_minitime25.07.12 11:41 by vaness168

Navigation
 Portal
 Indeks
 Anggota
 Profil
 FAQ
 Pencarian
Statistics
Total 394 user terdaftar
User terdaftar terakhir adalah Eko Handoyo

Total 316 kiriman artikel dari user in 68 subjects
Top posters
soranibrahim (53)
Cara Ngerem yang Bener I_vote_lcapCara Ngerem yang Bener I_voting_barCara Ngerem yang Bener I_vote_rcap 
Ujank (42)
Cara Ngerem yang Bener I_vote_lcapCara Ngerem yang Bener I_voting_barCara Ngerem yang Bener I_vote_rcap 
Admin (38)
Cara Ngerem yang Bener I_vote_lcapCara Ngerem yang Bener I_voting_barCara Ngerem yang Bener I_vote_rcap 
rainmaster (30)
Cara Ngerem yang Bener I_vote_lcapCara Ngerem yang Bener I_voting_barCara Ngerem yang Bener I_vote_rcap 
blady_ghost_666 (14)
Cara Ngerem yang Bener I_vote_lcapCara Ngerem yang Bener I_voting_barCara Ngerem yang Bener I_vote_rcap 
belda (12)
Cara Ngerem yang Bener I_vote_lcapCara Ngerem yang Bener I_voting_barCara Ngerem yang Bener I_vote_rcap 
feri usmawan (12)
Cara Ngerem yang Bener I_vote_lcapCara Ngerem yang Bener I_voting_barCara Ngerem yang Bener I_vote_rcap 
vaness168 (10)
Cara Ngerem yang Bener I_vote_lcapCara Ngerem yang Bener I_voting_barCara Ngerem yang Bener I_vote_rcap 
daniel (8)
Cara Ngerem yang Bener I_vote_lcapCara Ngerem yang Bener I_voting_barCara Ngerem yang Bener I_vote_rcap 
zuanie (7)
Cara Ngerem yang Bener I_vote_lcapCara Ngerem yang Bener I_voting_barCara Ngerem yang Bener I_vote_rcap 


Cara Ngerem yang Bener

3 posters

Go down

Cara Ngerem yang Bener Empty Cara Ngerem yang Bener

Post  Admin 21.03.11 20:48

Pengereman adalah hal yang paling penting diketahui pengendara saat berkendara sepeda motor. Ironisnya masih banyak pengendara sepeda motor yang tidak tahu teknik pengereman yang benar. Bahkan dalam kurikulum training Safety Riding Honda, materi pengereman adalah materi yang pertama diajarkan dalam “menu saat berkendara”.

Pada saat kita memutuskan untuk belajar mengendarai sepeda motor, hal pertama yang harus kita pertimbangkan untuk menghindari diri dari resiko kecelakaan adalah bagaimana kita dapat menguasai teknik untuk menghentikan laju kendaraan. Satu-satunya alat yang bisa dengan aman mengurangi laju kendaraan dan menghentikan kendaraan adalah rem.

Engine brake : efek pengereman yang ditimbulkan akibat penurunan kecepatan putaran mesin (tidak ada untuk type matic), bisa membantu mengurangi laju kendaraan akan tetapi yang bisa menghentikan laju kendaraan adalah rem. Apabila teknik pengereman sudah dikuasai dan terlatih untuk melakukannya, maka kepercayaan diri akan meningkat dan jarak pengereman bisa diperpendek.

Semakin pendek jarak pengereman akan semakin baik, semakin jauh resiko kita terhadap kemungkinan terjadinya kecelakaan.

Pada sepeda motor kita mengenal rem depan dan rem belakang. Paling efektif untuk menghentikan laju kendaraan adalah rem depan. Artinya apabila teknik pengereman telah dikuasai dengan baik, maka jarak pengereman paling pendek akan diperoleh apabila mengaplikasikan rem depan. Rem belakang hanya digunakan sebagai penyeimbang. Dalam kondisi latihan biasanya kita atur segalanya adalah ideal dan dilakukan secara berulang, hal ini semata-mata untuk mengasah kemampuan kita dalam menguasai teknik dasar pengereman. Pada saat berkendara di jalan raya penting untuk kita memperhatikan hal-hal lain yang tidak akan kita jumpai seperti pada saat latihan, misalnya : kondisi jalan yang tidak rata, berpasir, basah, dan sebagainya.

Dalam latihan, bisa dicoba beberapa pengereman;

pengereman dengan menggunakan rem belakang saja, kemudian rem depan saja, dan terakhir cobalah dengan teknik pengereman yang benar dengan menggunakan kedua rem. Dengan kondisi yang ideal cobalah untuk merasakan dan membandingkan jarak pengereman yang dihasilkan.
Urut-urutan dalam proses pengereman (dengan SM type sport) yang penting untuk dilatih (sampai dengan sepeda motor berhenti) :

* Melajulah dengan kecepatan tertentu. Untuk awal, 40 km/jam cukup untuk kita bisa melatih teknik dasar pengereman. Gunakan gigi 4 ke atas.
* Pada saat kita putuskan untuk mengerem, hal pertama yang harus kita lakukan adalah melepaskan putaran gas (deselerasi). Posisi tangan saat ini adalah menggenggam penuh grip gas (tidak ada jari yang standby pada tuas rem depan).
* Kemudian langkah berikutnya adalah tangan menarik tuas rem depan dengan cara diremas (seperti bersalaman) dan pada saat yang bersamaan kaki kanan memijak rem belakang sebagai penyeimbang. Pastikan posisi sepeda motor tegak (tidak miring) sehingga resiko tergelincir/terpeleset tidak terjadi.
* Tepat saat sepeda motor akan berhenti, tarik tuas kopling sehingga mesin tidak mati dan turunkan kaki kiri saat berhenti.

Dalam latihan tidak disarankan menggunakan engine brake, semata-mata untuk melatih diri dalam penguasaan teknik dasar pengereman.
Langkah tersebut dilakukan secara berulang sampai benar-benar dikuasai.
Sebagai evaluasi, dengan teknik pengereman yang benar maka dapat dilakukan pengukuran jarak pengereman (dengan memberikan marking sebagai penanda jarak di sepanjang lintasan pengereman).
Setelah evaluasi diperoleh, selanjutnya latihan dapat dilanjutkan dengan menambah kecepatan sesuai kemampuan, misal: 60 km/jam.
Perlu diingat, jangan memaksakan diri untuk mengaplikasikan rem depan sekuat-kuatnya untuk awal latihan. Resiko terjungkal akan didapatkan apabila “feeling” dalam meremas tuas rem depan dengan optimal belum dikuasai. Latihan berulang dibutuhkan untuk mendapatkan penguasaan yang maksimal.
Selamat berlatih dan berkendara aman dan nyaman bersama Honda.(astra-honda.com)
Admin
Admin
Administrator
Administrator

Jumlah posting : 38
Blade Point : 1114
Blade Reputation : 0
Join date : 21.03.11

https://honda-blade.indonesianforum.net

Kembali Ke Atas Go down

Cara Ngerem yang Bener Empty Re: Cara Ngerem yang Bener

Post  rainmaster 04.04.11 21:34

selama ini hampir gak pernah pakai engine brake.. rem blakang juga jarang.. modal rem depan doang.. Cara Ngerem yang Bener 516947903
rainmaster
rainmaster
Newbie Bladers
Newbie Bladers

Jumlah posting : 30
Blade Point : 33
Blade Reputation : 1
Join date : 23.03.11

Kembali Ke Atas Go down

Cara Ngerem yang Bener Empty Re: Cara Ngerem yang Bener

Post  soranibrahim 05.04.11 18:36

rainmaster wrote:selama ini hampir gak pernah pakai engine brake.. rem blakang juga jarang.. modal rem depan doang.. Cara Ngerem yang Bener 516947903

btw engine brake tu gmn si??
maklum saya g ngerti apa2..
Cara Ngerem yang Bener 1443108172
soranibrahim
soranibrahim
Aktivis Bladers Surabaya
Aktivis Bladers Surabaya

Jumlah posting : 53
Blade Point : 67
Blade Reputation : 2
Join date : 24.03.11
Age : 36
Lokasi : Surabaya

Kembali Ke Atas Go down

Cara Ngerem yang Bener Empty Re: Cara Ngerem yang Bener

Post  rainmaster 05.04.11 20:01

soranibrahim wrote:
rainmaster wrote:selama ini hampir gak pernah pakai engine brake.. rem blakang juga jarang.. modal rem depan doang.. Cara Ngerem yang Bener 516947903

btw engine brake tu gmn si??
maklum saya g ngerti apa2..
Cara Ngerem yang Bener 1443108172

suhu suka merendah.. he he he Cara Ngerem yang Bener 516947903
rainmaster
rainmaster
Newbie Bladers
Newbie Bladers

Jumlah posting : 30
Blade Point : 33
Blade Reputation : 1
Join date : 23.03.11

Kembali Ke Atas Go down

Cara Ngerem yang Bener Empty Re: Cara Ngerem yang Bener

Post  soranibrahim 07.04.11 4:59

rainmaster wrote:
suhu suka merendah.. he he he Cara Ngerem yang Bener 516947903

hloh...
saya bener2 ga ngerti neh..
Cara Ngerem yang Bener 4100641394
matiin mesin gt pas rem blong?
Cara Ngerem yang Bener 3087692896
soranibrahim
soranibrahim
Aktivis Bladers Surabaya
Aktivis Bladers Surabaya

Jumlah posting : 53
Blade Point : 67
Blade Reputation : 2
Join date : 24.03.11
Age : 36
Lokasi : Surabaya

Kembali Ke Atas Go down

Cara Ngerem yang Bener Empty Re: Cara Ngerem yang Bener

Post  Sponsored content


Sponsored content


Kembali Ke Atas Go down

Kembali Ke Atas

- Similar topics

 
Permissions in this forum:
Anda tidak dapat menjawab topik